10 Sekolah di Kudus Terima Sertifikat Akreditasi Perpustakaan

10 Sekolah di Kudus Terima Sertifikat Akreditasi Perpustakaan

KUDUS, Joglo Jateng – Sebanyak 10 sekolah di Kabupaten Kudus menerima sertifikat akreditasi perpustakaan. Sembilan diantaranya terakreditasi A, dan satu lainnya terakreditasi B. Sebelumnya, sekolah-sekolah tersebut telah di monitoring oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kudus hingga akhirnya dinilai oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas).

Bupati Kudus Hartopo mengapresiasi kepada sekolah yang berhasil terakreditasi perpustakaannya di 2022. Menurutnya, dengan akreditasi perpustakaan, semakin menunjang budaya literasi di sekolahan. Pihaknya meminta sekolah-sekolah tersebut untuk terus mempertahankan dan meningkatkan pelayanan terkait literasi dan pendidikan.

“Bagi sekolah yang perpustakaannya belum terakreditasi, silahkan segera menyusul. Jangan sampai tertinggal, terus berusaha supaya bisa terakreditasi. Sehingga bisa turut berupaya menunjang budaya literasi,” tuturnya.

Plt Kepala Dinarpus Kudus Sancaka Dwi Supani melalui Pustakawan Ahli Muda dan Subkor Pembinaan, Pengawasan, dan Pengembangan Ninik Mustikawati menjelaskan, 10 sekolah tersebut sebelumnya telah dimonitoring oleh Perpusda sejak Januari 2022 lalu. Penilaiannya diajukan September. Dan penilaian dari Perpusnas di Oktober, lalu sekarang sudah keluar nilainya.

Terdapat 10 sekolah yang perpustakaannya terakreditasi di 2022. Meliputi SMP 1 Jekulo dengan Akreditasi A, SMP 1 Mejobo dengan Akreditasi A, SMP 5 Kudus dengan Akreditasi A, SMP 1 Kaliwungu dengan Akreditasi A, SMP 2 Kaliwungu dengan Akreditasi A, SMP 1 Gebog dengan Akreditasi A, SMP 1 Dawe dengan Akreditasi A.

“Selanjutnya ada SMP 4 Bae dengan Akreditasi A, SMA 1 Gebog dengan Akreditasi A. Sedang MA Mu’allimat NU terakreditasi B,” imbuhnya.

Pihaknya menyampaikan, untuk akreditasi perpustakaan 2023 ini sudah ada 10 sekolah. Meliputi, SMP 3 Kudus, SMP 4 Kudus, SMP 1 Jati, SMP 2 Undaan, SMP NU Al-Ma’ruf, SMP Muhammadiyah 1, SD 1 Jati Kulon, SD 6 Cendono, SD 2 Wergu Wetan, dan MAN 2 Kudus. Saat ini sekolah-sekolah tersebut tengah di monitoring Perpusda.

“Kita sudah mulai monitoring, sampai bulan Agustus nanti. Sekarang komponen penilaiannya bertambah menjadi sembilan komponen. Ditambah komponen penguat yaitu Inovasi Kreativitas, Indeks Peningkatan Literasi Masyarakat (IPLM), dan Tingkat Kegemaran Membaca (TGM),” ungkapnya. (mey/fat) 

SOURCE : https://joglojateng.com/2023/01/25/10-sekolah-di-kudus-terima-sertifikat-akreditasi-perpustakaan/

Tinggalkan Balasan

jetizz kargo takip sendeo kargo takip kargoist kargo takip sürat kargo takip mng kargo takip diyarbakir evden eve ptt kargo takip